Kopi Arabika Punah Akhir Abad Ini?

Kopi Arabika Punah Akhir Abad Ini?
Kopi Arabika Punah Akhir Abad Ini?
LONDON - Anda penggemar kopi Arabika? Ketahuilah kopi jenis ini diperkirakan bakal punah sebelum akhir abad ini. Penyebabnya tak lain karena perubahan iklim yang tengah melanda dunia dewasa ini.

Hal ini muncul dalam kesimpulan sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Royal Botanic Gardens, Inggris yang bekerja sama dengan para ilmuwan Ethiopia. Dilaporkan, perubahan iklim sendiri dapat menyebabkan kepunahan kopi Arabika liar (Coffea arabica) sebelum akhir abad ini.

Kopi Arabika yang tumbuh liar, dianggap penting bagi keberlanjutan industri kopi karena keragaman genetik yang cukup besar. Sedangkan kopi Arabika yang ditanam di perkebunan kopi di dunia berasal dari stok genetik sangat terbatas dan tidak mungkin memiliki fleksibilitas yang diperlukan untuk mengatasi perubahan iklim dan ancaman lainnya, seperti hama dan penyakit.

Di negara asalnya Ethiopia yang juga produsen terbesar kopi di Afrika, perubahan iklim juga akan memiliki pengaruh negatif terhadap produksi kopi. Sensitivitas iklim atas tanaman kopi Arabika , mendukung asumsi luas bahwa perubahan iklim akan memiliki dampak merusak pada produksi kopi di seluruh dunia secara komersial.

LONDON - Anda penggemar kopi Arabika? Ketahuilah kopi jenis ini diperkirakan bakal punah sebelum akhir abad ini. Penyebabnya tak lain karena perubahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News