Penderita Diabetes Capai 800 Anak

Penderita Diabetes Capai 800 Anak
Penderita Diabetes Capai 800 Anak
JAKARTA- Penyakit diatebes biasanya identik dengan penyakit orang dewasa yang umumnya baru menyerang di usia 40 tahun ke atas. Namun, penyakit tersebut ternyata juga menyerang anak-anak.

Bahkan jumlah penderita diabetes anak terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurut Konsultan Endokrin Anak RSCM, dr Aman B. Pulungan SpA(K) hanya dalam waktu dua tahun, jumlah penderita diabetes anak di Indonesia meningkat hingga 500 persen.

"Di tahun 2009 anak yang menderita diabetes tidak sampai 150 anak. Sementara sekarang data terakhir menunjukkan bahwa sudah hampir 800 anak di Indonesia yang menderita diabetes. Peningkatannya mencapai 500 persen lebih,"jelas Aman.

Aman memaparkan berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) pada 2011, diperkirakan terdapat 366 juta orang di dunia yang menderita diabetes. Dari jumlah tersebut, terdapat 78 ribu anak yang didiagnosa sebagai penyandang baru diabetes tipe 1 setiap tahun. Namun, tidak banyak orang tua yang tahu bahwa anak-anak bisa menderita diabetes.

JAKARTA- Penyakit diatebes biasanya identik dengan penyakit orang dewasa yang umumnya baru menyerang di usia 40 tahun ke atas. Namun, penyakit tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News