Kopi Asli Indonesia Mulai Terlupakan

Kopi Asli Indonesia Mulai Terlupakan
Kopi Asli Indonesia Mulai Terlupakan
JAKARTA -- Indonesia memiliki aneka kopi bercita rasa, aroma dan tata cara penyajian yang berbeda-beda dari setiap wilayah. Keunikan ini menjadi salah satu kebanggaan bangsa Indonesia di mata dunia. Namun, kebanggaan terhadap minuman kopi ini kian memudar.

Hal ini diungkapkan oleh pengusaha kopi, "Bandar Kopi" Yanthi Tambunan melalui rilisnya kepada wartawan Kamis (2/8). Kopi yang seharusnya menjadi tradisi budaya, tuturnya, kini  hanya menjadi sekedar minuman pajangan semata.

Padahal menurutnya setiap tahun ada 100 miliyar cangkir kopi yang diseduh tiap hari. Itu berarti, penggemar kopi di Indonesia cukup besar. Namun, tak semua mau masyarakat Indonesia menjadikan kopi sebagai produk dalam negeri yang patut dicintai.

"Jika seseorang minum kopi dua kali dalam sehari, maka kebutuhan kopi dalam negeri berjumlah 121.107 ton pertahun. Banyak yang minum kopi, tapi di sisi lain mereka tidak bangga untuk memperkenal kopi khas Indonesia," kata Yanthi.

JAKARTA -- Indonesia memiliki aneka kopi bercita rasa, aroma dan tata cara penyajian yang berbeda-beda dari setiap wilayah. Keunikan ini menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News