Pembangunan KTM Cahaya Baru Dikebut

Pembangunan KTM Cahaya Baru Dikebut
Dirjen P2KTrans, Jamaluddien Malik yang didampingi Sekda Barito Kuala, Supriyono dan beberapa pejabat Kemenakertrans lainnya saat melakukan peninjauan lahan dan usaha transmigran di KTM Cahaya Baru, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. (Foto : Kemenakertrans for JPNN)
BARITO KUALA—Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) khususnya Direktorat Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi (P2KTrans) melakukan percepatan pembangunan kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Cahaya Baru Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Hal ini bertujuan untuk membuka kesempatan kerja dan peluang usaha di wilayah setempat.

“Dalam upaya percepatan ini, tentunya kita akan gandengkan dengan sektor terkait. Mungkin bisa menggandeng BUMN dan juga perindustrian,” ungkap Dirjen P2KTrans, Jamaluddien Malik kepada JPNN saat melakukan kunjungan kerja ke KTM Cahaya Baru, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Kamis (2/8).

Dijelaskan, KTM di kawasan transmigrasi adalah sebuah program yang dirancang secara holistik dan komprehensif layaknya membangun kawasan transmigrasi yang bernuansa perkotaan. Dengan dibangunnya KTM, lanjut Jamal -sapaan Jamaluddien- diharapkan terjadi akselerasi perekonomian pedesaan dan terwujudnya kawasan transmigrasi yang mandiri.

“Pembangunan dan pengembangan KTM Cahaya Baru ini juga merupakan bagian integral dari arah kebijakan dan strategi di bidang ketransmigrasian yang didasarkan pada sejumlah pertimbangan. Yakni, dapat lebih berperan dalam mendukung ketahanan pangan dan kecukupan papan, ketahanan nasional, kebijakan energi alternatif, pemerataan investasi ke daerah, serta menanggulangi pengangguran dan kemiskinan,” paparnya.

BARITO KUALA—Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) khususnya Direktorat Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News