Kopi Hajirocker Muncul di Rakernas HIPMI XVIII, Kementan Siap Kembangkan Kopi Lokal

Kopi Hajirocker Muncul di Rakernas HIPMI XVIII, Kementan Siap Kembangkan Kopi Lokal
Kementerian Pertanian (Kementan) mengumumkan akan mengembangkan kopi-kopi lokal. Simak selengkapnya. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) mengumumkan akan mengembangkan kopi-kopi lokal.

Hal itu menyusul saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Kopi Hajirocker a1pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVIII di Nusantara Hall, ICE-BSD, Kamis (31/8).

Mantan Gubenur DKI Jakarta itu menyebut Kopi Hajirocker sangat memiliki daya tarik sendiri karena memiliki keunikan baik pemilihan nama maupun tampilan kemasannya.

Pengemasan yang menarik, kata dia, harus dicontoh oleh pelbagai daerah penghasil kopi di seluruh Indonesia agar ada nilai tambah.

"Seperti ini, Hajirocker Coffee, bagus sekali. Barang-barang seperi ini. Di seluruh Indonesia, baik Robusta maupun Arabica, banyak ditanam, jangan sekali-kali mengekspor bahan mentah seperti biji kopi, buat seperti ini, kuasai pasar domestik," kata Jokowi sambil menunjukan kemasan kopi Hajirocker.

Menurut Jokowi, Hilirisasi bukan hanya Nikel, tetapi kopi juga bisa dibuat hilirasi seperti pengemasan kopi maupun gula aren.

Dibuat pengemasan yang baik agar menjadi daya tarik. 

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan upaya yang sudah dilakukan Kementan ke arah tersebut di antaranya pembangunan Nurseri Modern Tanaman Perkebunan di Gekbrong Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Kementerian Pertanian (Kementan) mengumumkan akan mengembangkan kopi-kopi lokal. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News