Kopi Ini Jangkau Pasar Lebih Luas Berkat BRI KlasterkuHidupku

Kopi Ini Jangkau Pasar Lebih Luas Berkat BRI KlasterkuHidupku
Produksi kopi yang dilakukan Kelompok Usaha Rimba Kakupi Ambaidiru pun makin berkembang berkat dukungan pembinaan dan permodalan yang diberikan oleh BRI pada 2021. Foto: dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Salah satu produsen kopi terkenal di Indonesia ternyata ada yang berasal dari Papua, tepatnya di kampung Ambaidiru di Kab. Kepulauan Yapen, Provinsi Papua.

Bernama Kelompok Usaha Rimba Kakupi Ambaidiru yang sudah berdiri sejak 1975. 

Simeon Simara Mora sebagai penanggung jawab kelompok tersebut menceritakan produksi kopi ini telah dilakukan secara turun temurun dari para orang tua terdahulu.

Dia mengatakan dari biji kopi inilah, masyarakat di sana bisa menopang kehidupan mereka dan membangun perekonomian agar lebih baik lagi.

Kopi memang sengaja dipilih karena memiliki kecocokan dengan wilayah di Ambaidiru. Terlebih lagi dengan kondisi geografisnya yang berada di ketinggian 600-1000 dpl. 

Faktor tersebut mendukung inilah, masyarakat di desa tersebut kemudian terus mengembangkan kegiatan bercocok tanam kopi, khususnya untuk jenis robusta yang menjadi andalan utamanya. 

Setidaknya terdapat 200 keluarga yang bekerja mengelola tanaman kopi di lahan seluas 81,27 hektar. 

Hasil panen para petani kemudian diolah menjadi kopi murni tanpa menambahkan campuran apapun. Adapun proses pembuatan bubuk kopi ini dimulai dengan memisahkan biji kopi dan kulitnya. 

Produksi kopi yang dilakukan Kelompok Usaha Rimba Kakupi Ambaidiru pun makin berkembang berkat dukungan pembinaan dan permodalan yang diberikan oleh BRI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News