Kopi Mulia Dijadikan Cendera Mata PON Papua, Pemkab Puncak Jaya Siapkan 1 Ton 

Kopi Mulia Dijadikan Cendera Mata PON Papua, Pemkab Puncak Jaya Siapkan 1 Ton 
Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Papua Yuni Wonda memperlihatkan kopi asli Mulia yang siap dipasarkan untuk mendukung PON XX Papua berlangsung 2-15 Oktober 2021. ANTARA Papua/VJ Laksa Mahendra

jpnn.com, PUNCAK JAYA - Kopi Mulia salah satu komoditas unggulan dari Kabupaten Puncak Jaya, Papua, akan dijadikan cendera mata atau oleh-oleh untuk kontingen Pekan Olahraga Nasional XX Papua.  

Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua, bekerja sama dengan PB PON Papua pun menyiapkan satu ton kopi Mulia untuk dipasarkan sebagai cendera mata bagi kontingen nantinya. 

Menurut Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, mengatakan, kopi Mulia yang merupakan program unggulan kabupatennya karena memiliki keunikan rasa yang berbeda dengan kopi jenis lain.

Dia menegaskan kopi Mulia sebagai salah satu komoditas unggulan lokal daerah.

"Jadi, Pemkab Puncak Jaya sudah komitmen sekali telah menyiapkan kopi Mulia untuk berpartisipasi mendukung PON Papua," ujarnya dalam keterangan kepada Antara, Minggu (29/8). 

Terlebih lagi, kata Yuni Wonda, melalui dukungan sumber dana otonomi khusus yang dikucurkan pemerintah pusat menjadi prioritas untuk bagaimana peningkatan sumber daya alam terutama potensi kopi Mulia.

Dia mengatakan masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya ikut serta menyukseskan PON XX Papua lewat kopi Mulia. 

Menurutnya, hal itu dibuktikan dengan terus meningkatnya proses pengumpulan biji kopi dari hasil panen para petani kopi yang ada.

Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua, bekerja sama dengan PB PON Papua pun menyiapkan satu ton kopi Mulia untuk dipasarkan sebagai cendera mata bagi kontingen PON XX Papua. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News