Kopilot Diduga Nyabu, Garuda Dipanggil Kemenhub

Kopilot Diduga Nyabu, Garuda Dipanggil Kemenhub
Kopilot Diduga Nyabu, Garuda Dipanggil Kemenhub

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera memanggil pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia untuk  minta pertanggungjawaban salah seorang kopilotnya yang diduga mengkonsumsi narkoba.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan, pihak Garuda akan dimintai keterangan oleh Ditektorat Kelaiajan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU). "Manajemen Garuda akan dipanggil untuk dimintai penjelasan terkait sistem dan mekanisme pengawasan ke dalam," bebernya di Jakarta, Selasa (6/8).

Ia mengatakan, crew maskapai berplat merah itu yang disinyalir positif menggunakan barang haram tersebut yakni kopilot Munoz Lopes Victor. Selain meminta keterangan Manajemen Garuda, kopilot tersebut juga akan diperiksa di Balai Kesehatan Penerbangan.

"Jika hasil pemeriksaan terindikasi positif barkoba, maka kopilot bisa langsung diberhentikan, walaupun manajemen Garuda belum mendapat surat resmi BNN," tegasnya.

Sebelumnya, VP Corporate Communications Garuda Indonesia Pujobroto menuturkan, pihaknya belum menerima hasil pemeriksaan resmi dari BNN terkait pemeriksaan Munoz. "Terkait temuan BNN tersebut, Garuda masih akan melaksanakan pemeriksaan lanjutan. Dan kami juga masi menunggu hasil pemeriksaan itu," tutur Pujobroto.

Sekedar diketahui, kopilot nakal berkewarganegaraan Spanyol itu menjalani pemeriksaan urine di Bandara Internasional Sultan Hasanudin,  menjelang keberangkatan dari Makasar ke Kendari dengan nomor penerbangan GA 678. (ian/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan segera memanggil pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia untuk  minta pertanggungjawaban


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News