Koppeba Koarmada RI Tinjau Lokasi Evakuasi Truk Tercebur di Pelabuhan Merak

Koppeba Koarmada RI Tinjau Lokasi Evakuasi Truk Tercebur di Pelabuhan Merak
Komandan Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Dankoppeba Koarmada RI) Laksamana Pertama TNI Ferdy Hendarto Susilo didampingi Kadispotmar Koarmada RI Kolonel Laut (P) Djoko Prijatin meninjau langsung ke lokasi evakuasi truk yang tercebur di Dermaga V, Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (3/2/2023). Foto: Dispen Koarmada RI

jpnn.com, JAKARTA - Komandan Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Dankoppeba Koarmada RI) Laksamana Pertama TNI Ferdy Hendarto Susilo didampingi Kadispotmar Koarmada RI Kolonel Laut (P) Djoko Prijatin meninjau langsung ke lokasi evakuasi truk yang tercebur di Dermaga V, Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (3/2/2023).

Kedatangan Dankoppeba tersebut untuk meninjau langsung pelaksanaan evakuasi yang dilakukan penyelam TNI AL.

TNI AL mengerahkan Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair) Koarmada I yang berada di bawah pembinaan Koppeba Koarmada RI.

Penyelam TNI AL memberikan bantuan untuk menggeser truk yang tenggelam tersebut sehingga tidak mengganggu operasional Dermaga V.

Sebelumnya, satu unit truk bermuatan semen yang jatuh ke laut pada saat hendak memasuki Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Labitra Karina di Dermaga V, Pelabuhan Penyeberangan Merak pada Rabu malam, 28 Desember 2022.

Selanjutnya TNI Angkatan Laut melalui Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten dan Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada I yang bermarkas di Jakarta mengirimkan 11 penyelam yang dipimpin oleh Mayor Laut (T) Tri Herya selaku Komandan Tim.

Pada hari pertama tim penyelam TNI AL melakukan penyelaman pertama dengan melaksanakan survei lokasi.

Kemudian penyelaman kedua sampai dengan kelima, tim penyelam berhasil melakukan pembukaan terpal dilanjutkan pengurangan muatan semen dan penyedotan lumpur untuk pemasangan ALB (Air Lifting Baloon).

Laksma TNI Ferdy Hendarto Susilo didampingi Kadispotmar Koarmada RI meninjau lokasi evakuasi truk yang tercebur di Pelabuhan Merak, Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News