Korban Gempa Bumi Chili Bertambah

Korban Gempa Bumi Chili Bertambah
Sejumlah orang berkumpul di tempat aman di kota Valparaiso, Chili, semalam setelah terjadinya gempa bumi kuat yang menyebabkan delapan orang tewas. REUTERS

jpnn.com - SANTIAGO - Korban tewas gempa bumi berkekuatan 8,3 skala Richter yang melanda Chili tengah bertambah menjadi delapan orang dari sebelumnya dilaporkan hanya lima orang, kemarin. Sejauh ini, 10 lagi cedera dan sejuta penduduk dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Peringatan tsunami juga dikeluarkan. Gempa bumi pada kedalaman 11 kilometer itu turut mengakibatkan bangunan di kota Santiago bergoyang dan memicu situasi panik di kalangan penduduk.

Gempa juga mengakibatkan banyak rumah dan gedung rusak, dengan getaran juga dirasakan penduduk yang berada di Buenos Aires, Argentina.

Media lokal melaporkan, seorang wanita berusia 26 tahun tewas setelah tertimpa dinding rumah yang runtuh di Illapel, utara Santiago, sedangkan satu orang lagi meninggal akibat serangan jantung.

Presien Michelle Bachelet dilaporkan akan mengunjungi daerah yang terkena dampak parah akibat bencana itu dalam waktu dekat.

"Sekali lagi kita harus menghadapi malapetaka akibat bencana alam ini," jelasnya dalam sebuah pernyataan, menambahkan, gempa tersebut merupakan bencana alam terburuk pernah melanda Chili sejak 2010.

Pasokan listrik dilaporkan turut terputus di kota ini, dengan banyak jalan rusak serta layanan transportasi publik dari Santiago ke daerah utara dibatalkan.

Sumber mengatakan, sejuta penduduk Chili diperintahkan meninggalkan kediaman masing-masing, terutama mereka yang tinggal di daerah dekat pantai.

SANTIAGO - Korban tewas gempa bumi berkekuatan 8,3 skala Richter yang melanda Chili tengah bertambah menjadi delapan orang dari sebelumnya dilaporkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News