Koreksi BI Rate Idealnya 50 Bps

Pasar Tunggu Arah Bunga Bank Sentral

Koreksi BI Rate Idealnya 50 Bps
Koreksi BI Rate Idealnya 50 Bps
JAKARTA – Hari ini, Bank Indonesia (BI) akan menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) pertama di tahun 2009.  Inti rapat itu adalah membahas kebijakan suku bunga acuan. Pasar menunggu berapa basis poin (bps) bank sentral akan mengoreksi BI rate.

Melihat realisasi inflasi akhir tahun lalu yang rendah, ekspektasi pasar suku bunga akan terus turun. Bahkan ekonom dan pelaku bisnis mendesak BI tidak ragu menurunkan bunga acuan pada level yang signifikan.

Pengamat ekonomi Farial Anwar mengatakan, untuk memperoleh dampak yang signifikan koreksi yang dilakukan idealnya 50 bps atau bahkan 100 bps. “Koreksi 25 basis poin tidak cukup dan tidak akan banyak direaksi oleh perbankan untuk turut mengoreksi suku bunga kreditnya,” ujar Farial di Jakarta, Selasa (6/1).

Farial menilai, dengan posisi deflasi dan rendahnya ekspektasi inflasi pada 2009 membuat ruang bank sentral untuk menurunkan suku bunga acuan  semakin lebar. Desakan untuk mengoreksi lebih jauh tersebut melihat kenyataan bahwa bank sentral sebenarnya terlambat mengoreksi suku bunganya. “Baru bulan lalu  ada koreksi BI rate. Padahal sejak pertengahan tahun lalu, tren bank sentral negara lain sudah mulai menurunkan suku bunganya,” imbuhnya.

JAKARTA – Hari ini, Bank Indonesia (BI) akan menggelar Rapat Dewan Gubernur (RDG) pertama di tahun 2009.  Inti rapat itu adalah membahas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News