Koridor 13 Transjakarta Diuji Coba, Jarak Tempuh Tendean-Ciledug 25 Menit

Koridor 13 Transjakarta Diuji Coba, Jarak Tempuh Tendean-Ciledug 25 Menit
Armada Transjakarta di Halte Tendean, Mampang, Jakarta Selatan dalam rangka uji coba jalur Koridor 13 dari Tendean hingga Ciledug di Tangerang. Foto: Salman Toyibi/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Uji coba Transjakarta untuk Koridor 13 yang menghubungkan Piere Tendean di Mampang, Jakarta Selatan dengan Ciledug di Tangerang dimulai hari ini (13/8). Dalam masa uji coba itu, masyarakat Jakarta bisa menggunakan fasilitas transportasi massal tersebut secara cuma-cuma.

PT Transportasi Jakarta (Tranajakarta) menggratiskan seluruh perjalanan Koridor 13 dari Halte Tendean hingga halte terakhir di Puri Beta 2 Ciledug. Berdasar pantauan JawaPos.com, waktu yang ditempuh Transjakarta di Koridor 13 selama 25 menit.

Ada 11 halte yang dilewati setelah Halte Tendean. Di antaranya Halte Rawa Barat-Tirtayasa-CSW-Mayestik-Kebayoran Lama-Seskoal-Cipulir-Swadarma-Jorr-Adam Malik dan berakhir di Halte Puri Beta 2.

Pada program uji coba, penumpang diperbolehkan menaiki bus pergi pulang dari Tendean ke Puri Beta 2 ataupun sebaliknya. Bus berhenti di Halte Adam Malik, Jalan Raya Ciledug, tepatnya setelah turun dari jalan layang dan Puri Beta 2. Selebihnya bus terus jalan menyusuri Koridor 13.

Satuan Tugas Transjakarta di Halte Tendean, Hartono menjelaskan, hari ini terdapat 10 bus transjakarta yang beroperasi melayani penumpang. "Buat hari ini baru ada sepuluh, bolak-balik," ujarnya kepada JawaPos.com di Halte Tendean, Minggu (13/8).

Menurut Hartono, uji coba selama tiga hari ke depan bertujuan untuk membiasakan para sopir bus melewati Koridor 13 itu. "Ya biar sopir terbiasa, jalan layangnya kan belok-belok," ucap dia.

Selain itu, untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa ada trayek baru Transjakarta yang sudah bisa beroperasi. Jalan sepanjang Koridor 13 telah sepenuhnya selesai.

Namun, perjalanan bus masih terbatas karena kurangnya penerangan jalan. Belum ada lampu yang melengkapi jalan layang tersebut, akibatnya, bus terakhir beroperasi pada pukul enam sore.

Uji coba Transjakarta untuk Koridor 13 yang menghubungkan Piere Tendean di Mampang, Jakarta Selatan dengan Ciledug di Tangerang dimulai hari ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News