Korlantas Polri Ingatkan Pemudik Jangan Lakukan Ini saat Rest Area Penuh, Bahaya

Korlantas Polri Ingatkan Pemudik Jangan Lakukan Ini saat Rest Area Penuh, Bahaya
Puluhan kendaraan pemudik antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju arah Tol Cipali di Karawang, Jawa Barat, Jumat (5/4/2024). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengingatkan para pemudik jangan memarkir kendaraan di bahu jalan ketika tempat parkir di rest area penuh.

Memarkir kendaraan di bahu jalan dapat menghambat arus lalu lintas jalan tol pada momen Mudik.

Kepadatan di rest area atau tempat peristirahatan jalan tol menjadi catatan dan atensi Korlantas Polri agar tidak merembet ke ruas jalan tol dan mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

"Jadi, rest area itu menjadi catatan tersendiri, ya, untuk tol. Kami sudah koordinasi dengan BUJT, kemudian pengelola rest area," kata Aan di KM72 usai membuka pemberlakuan one way arus mudik di Tol Cipali, Jawa Barat, Jumat malam (5/4).

Kondisi rest area menjelang pemberlakuan satu arah terlihat ada kepadatan. Pantauan ANTARA saat singgah di rest area KM57, kondisi tempat parkir penuh kendaraan.

Tidak adanya informasi soal ketersediaan tempat parkir di pintu masuk membuat beberapa kendaraan yang sudah masuk rest area dan tidak dapat tempat, akhirnya memarkir kendaraan di bahu jalan.

Kondisi ini membuat perlambatan arus kendaraan yang hendak masuk rest area dan berimbas terhadap arus lalu lintas di ruas jalan tol.

Guna mencegah terjadinya sumbatan arus di sekitar rest area, Korlantas melakukan pengaturan arus bagi kendaraan yang masuk tempat peristirahatan.

Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan ingatkan pemudik jangan melakukan ini saat rest area penuh. Ini demi keselamatan dan kelancaran arus Mudik Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News