Minggu, 21 Juli 2019 – 16:06 WIB

Korsel Jadi Mitra Strategis RI untuk Ekonomi dan Pertahanan

Minggu, 26 Agustus 2018 – 03:43 WIB
Korsel Jadi Mitra Strategis RI untuk Ekonomi dan Pertahanan - JPNN.COM

jpnn.com, SEOUL - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto melakukan kunjungan muhibah ke Korea Selatan (Korsel). Pimpinan DPR dari Fraksi Partai Demokrat itu diterima oleh Wakil Ketua Majelis Nasional Republik Korea Joo Seung Yong di Nasional Assembly, Seoul, Kamis (23/8).

Agus mengatakan, Seung Yong pada pertemuan itu mengapresiasi Indonesia yang sedang menjadi tuan rumah Asian Games XVIII. Selain itu, kedua pihak juga sepakat untuk mendorong peningkatan kerja sama di bidang perdagangan dan industri.

Menurut Agus, pemerintah Indonesia selama ini mendukung Korsel sepenuhnya untuk membuat langkah konkret guna meningkatkan hubungan kedua negara. “Indonesia dan Korea Selatan sepakat meningkatkan hubungan di bidang ekonomi, transportasi, industrialisasi dan pertahanan melalui perjanjian kemitraan strategis khusus,” ujar Agus.

Kerja sama itu disepakati dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Bogor, November 2017. Agus menambahkan, kedua kepala negara itu telah menyepakati target volume perdagangan bilateral sebesar USD 30 miliar pada 2022.

Total neraca perdagangan kedua pada 2017 sekitar USD 16 juta. Menurut Agus, angka itu mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya.

Agus mencatan ada tren kenaikan. Pada kuartal pertama 2018, neraca perdagangan Indonesia - Korsel meningkat sekitar 10 persen.

Lebih lanjut Agus mengatakan, pada Juli lalu DPR telah menyetujui ratifikasi perjanjian kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Korea Selatan. Agus pula yang memimpin rapat paripurna DPR untuk menyetujui ratifikasi itu.

Agus memerinci, perjanjian itu meliputi perluasan pertukaran personel, material dan peralatan antar-militer Korea Selatan dan Indonesia. Kedua negara juga terikat perjanjian untuk membentuk komite kerja sama untuk menangani kegiatan tersebut. 

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar