Korut Rayakan 10 Tahun Kepemimpinan Sempurna Kim Jong Un

Korut Rayakan 10 Tahun Kepemimpinan Sempurna Kim Jong Un
Kim Jong Un bersama rombongannya menunggang kuda dalam perjalanan ke puncak Gunung Paektu. Foto: KCNA

jpnn.com, PYONGYANG - Hari ini, Senin (11/4), menandai tepat satu dekade sejak Kim Jong Un terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh Korea (WPK) dan kepala negara Korea Utara.

Keluarga Kim telah berkuasa di Korut –negara yang hanya memiliki satu partai– sepanjang sejarahnya.

Dia melanjutkan dinasti politik saat ditunjuk sebagai panglima tertinggi militer setelah ayahnya, Kim Jong Il, wafat pada Desember 2011.

Choe Ryong Hae, salah satu pejabat Korut paling senior dan anggota Presidium Biro Politik Komite Pusat WPK, memuji Kim di depan pertemuan nasional pada Minggu (10/4).

Dia menyebut Kim sebagai "seorang pemikir berbakat dan ahli teori, negarawan ulung dan komandan hebat tiada tara."

Kim juga disebutnya sebagai "patriot tak tertandingi dan pembela perdamaian yang hebat" karena menjadikan Korut "kekuatan militer penuh dengan semua sarana fisik pertahanan diri yang kuat."

Meskipun menghadapi berbagai kesulitan, kata Choe, Kim telah membuka era baru Korut sebagai bangsa sosialis kuat yang sejahtera dan tumbuh secara swasembada dan mandiri.

Pertemuan pada Minggu itu mengawali pekan peringatan, termasuk perayaan 110 tahun lahirnya pendiri Korut Kim Il Sung –kakek Kim Jong Un– pada Jumat (15/4).

Hari ini, Senin (11/4), menandai tepat satu dekade sejak Kim Jong Un terpilih sebagai pemimpin Partai Buruh Korea (WPK) dan kepala negara Korea Utara.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News