Astaga, Pakar Sebut Rudal Jumbo Kim Jong Un Palsu

Astaga, Pakar Sebut Rudal Jumbo Kim Jong Un Palsu
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama dua ajudannya dalam video peluncuran rudal terbaru Korut, Kamis (24/3). Foto: KCNA via Reuters

jpnn.com, SEOUL - Aksi Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memamerkan rudal ukuran jumbo lewat sebuah video pendek pekan lalu diduga merupakan hasil manipulasi.

Laporan-laporan menunjukkan uji coba rudal terbesar Korea Utara mungkin tidak seperti yang terlihat, yang menimbulkan pertanyaan baru mengenai program rahasia senjata terlarang negara itu.

Korea Utara mengatakan pihaknya telah melakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 yang baru pada Kamis, uji coba pertama dari rudal sebesar itu sejak 2017.

Media pemerintah Korea Utara menggembar-gemborkan peluncuran itu sebagai "keajaiban yang belum pernah terjadi sebelumnya".

Para pejabat Korea Selatan dan Jepang secara independen mengonfirmasi data penerbangan yang menunjukkan bahwa rudal itu terbang lebih tinggi dan lebih lama daripada tes sebelumnya.

Namun rincian baru bertolak belakang dengan klaim Pyongyang. Termasuk perbedaan yang terlihat dalam video bergaya Korea Utara yang menampilkan pemimpin Kim Jong Un dengan jaket kulit dan kacamata hitam mengawasi peluncuran.

"Pertanyaan terbesar sekarang adalah apa yang diluncurkan pada 24 Maret," kata Colin Zwirko, koresponden senior analitis NK Pro, laman yang memantau Korea Utara yang berbasis di Seoul.

Dia telah memeriksa citra satelit komersial dan rekaman yang dirilis oleh media pemerintah dan mengatakan perbedaan cuaca, sinar matahari dan faktor lain menunjukkan peluncuran yang ditunjukkan oleh Korea Utara terjadi di hari lain.

Rudal jumbo yang dipamerkan pemimpin Korut Kim Jong Un diduga palsu, kok bisa begitu?

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News