Kota-kota di Sumut Terkoneksi Jalur KA

Kota-kota di Sumut Terkoneksi Jalur KA
Kota-kota di Sumut Terkoneksi Jalur KA
JAKARTA -- Kota-kota penting di wilayah Sumut bakal terhubung dengan jalur kereta api (KA). Hanya saja, tidak semua kota terangkai dalam satu jalur. Setidaknya ada dua koneksitas.

Pertama jalur Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo. Kementrian Perhubungan menyebut jalur ini dengan sebutan lintas Mebidangro (Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo). Konekstitas kedua yakni Sibolga – Padang Sidempuan – Rantauprapat.

Rencana pengembangan jaringan jalur kereta api di Sumut itu tertuang dalam Rencana Induk Perkeretapian Nasional, yang disusun Kemenhub pada April 2011, di saat Menhub masih dijabat Fredy Numberi. Pembangunan jalur-jalur kereta api itu akan dimulai pada 2030.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kemenhub, Tunjung Inderawan kepada JPNN pernah mengatakan, untuk tahap awal yang menjadi prioritas dalam jangka pendek adalah jalur kereta api dari stasiun Medan ke bandara Kualanamu yang akan langsung operasional, begitu bandara Kualanamu sudah beroperasi. "Dari dulu (jalur kereta api, red) sudah siap. Kita selaraskan saja dengan diberlakukannya bandara Kualanamu. Begitu operasional bandara Kualanamu, maka kereta api siap mengangkut penumpang dari Medan ke Kualanamu," terang Tunjung Inderawan.

JAKARTA -- Kota-kota penting di wilayah Sumut bakal terhubung dengan jalur kereta api (KA). Hanya saja, tidak semua kota terangkai dalam satu jalur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News