KPAI Desak Percepatan Data Anak Yatim Piatu Akibat Pandemi

KPAI Desak Percepatan Data Anak Yatim Piatu Akibat Pandemi
KPAI desak pemerintah mempercepat pendataan anak yatim piatu akibat pandemi Covid-19. Foto: Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner KPAI Jasra Putra berharap data anak-anak terlantar dan kehilangan orang tua semasa pandemi Covid-19 bisa diketahui secara pasti.

Sebab, data itu bisa dikonsultasikan dengan tokoh lintas agama membantu para anak-anak tersebut.

"Kerja sama dengan tokoh lintas agama dan kepercayaan juga sangat baik, karena negara belum memiliki sekolah orang tua," kata Jasra melalui layanan pesan, Kamis (19/8).

Menurut alumnus Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat itu pemerintah dan semua pihak bertanggung jawab mengurusi anak yatim piatu semasa pandemi

Tanpa data pasti, kata Jasra, angka anak yatim piatu seusai pandemi bisa menjadi permasalahan sosial.

"Jadi, supaya tidak menjadi ledakan masalah sosial dimana-mana, karena mereka amanat Tuhan dan calon penerus bangsa," tutur dia.

Anggota DPR RI Komisi VIII sekaligus Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengingatkan urgensi realisasi komitmen Menteri Sosial Tri Rismaharini terkait persetujuannya untuk program bantuan sosial bagi anak-anak yang menjadi yatim/piatu karena orang tuanya menjadi korban Covid-19.

Menurut HNW sapaan Hidayat, program tersebut bisa dijalankan segera tanpa menunggu tambahan dari Kemenkeu untuk tahun anggaran 2022.

Komisioner KPAI Jasra Putra berharap data anak-anak terlantar dan kehilangan orang tua semasa pandemi Covid-19 bisa diketahui secara pasti. Sebab, data itu bisa dikonsultasikan dengan tokoh lintas agama membantu para anak-anak tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News