KPK Siap Bongkar Kartel Sapi

KPK Siap Bongkar Kartel Sapi
KPK Siap Bongkar Kartel Sapi
JAKARTA - Mulai pekan depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  memeriksa pejabat di Kementerian Pertanian (Kementan) yang dianggap mengetahui kewenangan pengurusan kuota impor daging sapi. KPK juga bakal mengungkap kartel impor daging sapi di Kementan.

""Menteri Pertanian Suswono juga akan dipanggil sebagai saksi. Mudah-mudahan minggu depan,"" kata Ketua KPK Abraham Samad setelah melantik Sekjen dan direktur penuntutan di gedung KPK, Jakarta, kemarin (8/2).

KPK menengarai banyak kartel importasi yang bermain di kementerian tersebut. ""Memang banyak mafia impor, yaitu kartel-kartel. KPK wajib membersihkan kartel-kartel itu karena berdampak langsung ke masyarakat. Sebab, yang terpukul adalah para petani kita,"" ujar Samad.

KPK menetapkan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq sebagai tersangka penerima suap terkait dengan pengurusan kuota impor daging sapi. Nama Luthfi terseret setelah pada Selasa (29/1) KPK menangkap tangan Ahmad Fathanah, orang dekat Luthfi, yang menerima uang Rp 1 miliar dari dua direktur PT Indoguna Utama, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi. Fathanah, Juad, dan Arya juga ditetapkan sebagai tersangka.

JAKARTA - Mulai pekan depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  memeriksa pejabat di Kementerian Pertanian (Kementan) yang dianggap mengetahui

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News