KPK Takkan Hentikan Proses Penyidikan, Kecuali Pengusaha Tambang Emas Ini Meninggal

KPK Takkan Hentikan Proses Penyidikan, Kecuali Pengusaha Tambang Emas Ini Meninggal
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan pihaknya tidak akan menghentikan proses hukum terhadap pengusaha tambang emas Siman Bahar. FOTO: Ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan pihaknya tidak akan menghentikan proses hukum terhadap pengusaha tambang emas Siman Bahar.

KPK menyatakan proses hukum akan berhenti ketika seorang tersangka meninggal dunia atau sakit berat.

"Nanti dalam proses berikutnya kami selesaikan, karena, kan, sudah naik pada proses penyidikan tidak kemudian berhenti, kecuali memang sakit permanen atau meninggal dunia baru itu bisa dihentikan. Tetapi sejauh belum ada yang dihentikan," kata Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (1/4).

Saat disinggung mengapa KPK belum menahan Siman, Ali mengatakan pihaknya baru sebatas berkoordinasi dengan Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

"Siman Bahar terakhir kami menyerahkan banyak data di tim Satgas TPPU di Polhukam, karena dulu fokusnya ke sana dulu. Kami sudah koordinasi dengan tim, kami memang dari KPK membantu tim itu dulu untuk kemudian membongkar dugaan yang ditemukan TPPU," jelas Ali.

Direktur PT Loco Montrado Siman Bahar telah ditetapkan tersangka oleh KPK. Namun, Siman telah mengajukan gugatan praperadilan terhadap status tersangka dalam kasus ini. Gugatannya pun dikabulkan hakim hingga status tersangkanya gugur.

Deputi Penindakan KPK Karyoto mengatakan hal itu hanya sebatas pengujian legalitas formal. Dia mengatakan KPK masih terus menjalani proses penyidikan pada kasus ini.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan Dodi Martimbang (DM) selaku General Manager Unit Pengolahan PT Antam, sebagai tersangka.

KPK menyatakan proses hukum akan berhenti ketika seorang tersangka meninggal dunia atau sakit berat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News