KPK Tetap Telusuri Saham Istri Setnov di Perusahaan e-KTP

KPK Tetap Telusuri Saham Istri Setnov di Perusahaan e-KTP
Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor (tengah), saat mendatangi Gedung KPK Senin (20/11). Foto: Dery Ridwansyah/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan, bantahan Setya Novanto bahwa istri dan anaknya bukan pemilik mayoritas saham di salah satu perusahaan anggota konsorsium kontraktor proyek e-KTP 2011-2012 tidak akan berpengaruh pada proses pemeriksaan. Pasalnya, KPK memiliki prosedur untuk mengkaji lebih jauh apakah anak dan istri Novanto memiliki saham di perusahaan penggarap e-KTP atau tidak.

"Saya kira dalam kasus apa pun yang kami tangani, bantahan tidak memengaruhi. Yang terpenting kami punya bukti-bukti yang cukup dalam menyusun konstruksi peristiwa," ujar Febri di Gedung KPK, Jakarta, Senin (20/11) petang. 

Febri kemudian menyebut nama istri Novano, Deisti Astriani Tagor yang sebelumnya tercantum di salah satu perusahaan peserta konsorsium pengadaan e-KTP tersebut. Karena itu, KPK memanggil Deisti untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi bagi Direktur Utama PT Quadra Solution Anang S Sudiharjo yang menjadi tersangka korupsi e-KTP.

Nama Deisti sebelumnya tercantum sebagai komisaris pada PT Mondialindo Graha Perdana. Perusahaan ini merupakan salah satu pemilik saham terbesar di PT Murakabi Sejahtera yang ikut mengerjakan proyek e-KTP.

"Ada historis tentang kepemilikan perusahaan, salah satunya Murakabi yang kami dalami lebih lanjut. Itu sejarah awalnya bagaimana dan nama saksi juga tercantum di dalam salah satu perusahaan lain dengan jabatan yang cukup tinggi dan kuat," ucapnya. 

Karena itu KPK tak menggubris bantahan Novanto. Apalagi temuan KPK juga menunjukkan hal yang berbeda dari bantahan ketua umum Golkar itu.

"Ada sejumlah bukti-bukti baru dari proses persidangan terdakwa Irman dan Sugiharto, dengan sidang terdakwa Andi Agustinus. Bukti-bukti yang dimiliki ada perbedaan, jadi ada sejumlah bukti-bukti baru di sana," pungkas Febri.(gir/jpnn)


KPK tak menggubris bantahan Setya Novanto bahwa istri dan anaknya bukan pemilik mayoritas saham di salah satu perusahaan anggota konsorsium kontraktor e-KTP.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News