NasDem Sarankan Novanto Mundur, Begini Respons Pimpinan DPR

NasDem Sarankan Novanto Mundur, Begini Respons Pimpinan DPR
Ketua DPR Setya Novanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan persoalan jabatan Setya Novanto sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat sepenuhnya kewenangan Fraksi Partai Golongan Karya.

Karena itu, dia berpendapat Mahkamah Kehormatan Dewan tidak perlu membahas persoalan tersebut.

"Persoalan ketua DPR, sepenuhnya kewenangan Fraksi Golkar, saya berpendapat tidak perlu ada pembahasan oleh MKD,” kata Abdullah di gedung DPR, Senin (20/11).

Selain menyerahkan sepenuhnya kepada Golkar, Abdullah juga menyarankan Novanto segera mundur dari jabatannya.

"Saran saya sebaiknya Novanto mengundurkan diri untuk menjaga muruah partai," tegas Abdullah.

Dia memastikan, besok Fraksi Partai NasDem tidak akan mengikuti rapat pleno MKD.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional Taufik Kurniawan mengatakan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak bisa mendorong Setya Novanto mundur dari jabatan ketua DPR meski sekarang sudah ditahan KPK. Novanto ditahan karena menjadi tersangka korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronilk.

Menurut Taufik, keputusan untuk mengundurkan diri atau tidak, ada di tangan Novanto. “Kalau ada posisi apakah mengundurkan diri atau tidak, itu kapasitas Pak Novanto yang memutuskan,” kata Taufik di gedung DPR, Jakarta, Senin (20/11).

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tidak bisa mendorong Setya Novanto mundur dari jabatan ketua DPR meski sekarang sudah ditahan KPK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News