KPPU Didesak Umumkan Pelaku Kartel Pangan

KPPU Didesak Umumkan Pelaku Kartel Pangan
KPPU Didesak Umumkan Pelaku Kartel Pangan
JAKARTA - Mantan Menko Perekomian, Rizal Ramli minta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengumumkan para pelaku kartel produk pangan yang selama ini merugikan negara dan rakyat Indonesia. KPPU sendiri, menurut Rizal minta waktu sekitar 2-3 pekan untuk mengumumkannya.

“KPPU segera saja umumkan siapa saja pelaku kartel bawang putih, gula, kedelai, jagung, daging sapi, dan komoditas pangan lain yang selama ini merugikan negara dan rakyat Indonesia. Juga diumumkan berapa volume impor yang mereka mainkan, serta keuntungannya," kata Rizal Ramli di Jakarta, Jumat (26/4).

Keberanian KPPU untuk membuka ini, tegas Rizal Ramli, semua menjadi sangat penting karena sebagian dari keuntungan itu mereka gunakan untuk menyogok para pejabat korup.

“Khusus bawang putih, misalnya, selisih harga di dalam negeri dan luar negeri mencapai lebih dari dua kali lipat. Ini terjadi karena melibatkan para pejabat di sejumlah instansi terkait. Intinya, ada permainan ‘orang dalam’ di Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan. Diharapkan dalam dua pekan  ke depan sudah bisa kita perkarakan," ungkap mantan Kepala Bulog itu.

JAKARTA - Mantan Menko Perekomian, Rizal Ramli minta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengumumkan para pelaku kartel produk pangan yang selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News