KPPU: Perbaiki Mekanisme Distribusi Gula

KPPU: Perbaiki Mekanisme Distribusi Gula
KPPU: Perbaiki Mekanisme Distribusi Gula
JAKARTA- Setelah memperhatikan adanya kegagalan pasar industri gula, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengimbau kepada pemerintah untuk memperbaiki  mekanisme distribusi gula.

"Salah satu solusi yang kami rekomendasikan untuk pemerintah adalah membuat sebuah mekanisme distribusi yang rigid (tata niaga sepenuhnya) melalui pengaturan harga di setiap level distribusi dengan harga eceran tertinggi yang mengikat," ungkap Analis Kebijakan Persaingan KPPU, Riris Munadia di kantornya, Kamis (3/9).

Selain itu, Riris juga menerangkan bahwa pemerintah sebaiknya menciptakan pasar yang lebih dinamis dengan membuka kran impor atau memperbolehkan gula rafinasi masuk pasar dengan tujuan menyeimbangkan pasokan dan permintaan dan mengubah struktur menjadi lebih kompetitif.

Dijelaskan, solusi tersebut diberikan oleh pihak KPPU mengingat telah ditemukan beberapa dampak akibat adanya pengaruh kebijakan pemerintah terhadap harga gula di jalur distribusi. "Misalnya, distorsi pasar yang saat ini sangat mudah terjadi. Hal itu diakibatkan adanya perkembangan harga sama dengan proses distribusi. Selain itu, pembatasan pasokan yang sama dengan kebutuhan juga telah menyebabkan beberapa pelaku usaha memiliki kekuatan di mana hanya merekalah yang memasok pasar," terang Riris.

JAKARTA- Setelah memperhatikan adanya kegagalan pasar industri gula, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengimbau kepada pemerintah untuk memperbaiki 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News