KPU Akan Datangi Seluruh Kantor Parpol, Pusat dan Daerah

KPU Akan Datangi Seluruh Kantor Parpol, Pusat dan Daerah
Komisioner KPU Wahyu Setiawan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap akan melakukan verifikasi faktual terhadap 12 partai politik peserta Pemilu 2014, sebagai syarat untuk menjadi peserta Pemilu 2019.

Penyelenggara pemilu nantinya akan mendatangi seluruh kantor sekretariat ke-12 parpol tersebut, baik di pusat maupun daerah.

"Kami akan mendatangi kantor sekretariat (ke-12 parpol,red) untuk meneliti kepengurusan partai politik. Kemudian terkait keterwakilan 30 persen perempuan dalam partai, domisili kantor parpol dan verifikasi terhadap keanggotaan partai politik menggunakan basis aplikasi sipol (sistem informasi partai politik,red)," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Jakarta, Rabu (17/1).

Menurut Wahyu, verifikasi faktual dilakukan sebagai wujud kepatuhan KPU terhadap perintah Mahkamah Konstitusi (MK), yang sebelumnya membatalkan ketentuan Pasal 173 ayat 1 dan 3 Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu.

Dalam pelaksanaannya, verifikasi akan dilakukan di tiga tingkat. Yaitu di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

"Kami secara prinsipil tetap melaksanakan verifikasi sebagai pelaksanaan putusan MK. Jadi, tidak benar bila dianggap tidak melakukan verifikasi atau tidak melaksanakan putusan MK," ucapnya.

Sebagai panduan untuk melaksanakan verifikasi, KPU, kata Wahyu, telah menyusun revisi terhadap Paraturan KPU Nomor 11/2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD.

"Rencananya, Kamis (18/1) kami akan melakukan rapat kerja kembali dengan pemerintah dan DPR terkait PKPU yang sudah disesuaikan. Meski rapat tidak mengikat, kami tetap memerlukan rapat konsultasi," pungkas Wahyu. (gir/jpnn)


KPU akan melakukan verifikasi factual dengan mendatangi seluruh kantor secretariat parpol dari pusat hingga daerah.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News