KPU Apresiasi Peran KIM, Corong Informasi di Pemilihan Serentak 2020

KPU Apresiasi Peran KIM, Corong Informasi di Pemilihan Serentak 2020
Pemilihan Serentak 2020. Ilustrasi Foto: Kominfo

jpnn.com, JAKARTA - Pemilihan Serentak 2020 merupakan pesta demokrasi yang menjadi tanggung jawab seluruh pihak. Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Pemerintah bahu membahu dalam menyukseskan gelaran Pemilihan tahun ini.

Anggota KPU I Dewa Raka Sandi mengatakan, KPU dalam menyiapkan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020 secara serentak tidak bisa bekerja sendiri. Apalagi untuk urusan komunikasi ke masyarakat, dibutuhkan peran banyak pihak agar bersama-sama menciptakan pemilih yang cerdas, sehat dan damai dalam Pemilihan Serentak 2020.
 
“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang membantu persiapan Pemilihan Serentak 2020. Ini adalah tanggung jawab bersama dan partisipasi seluruh pihak tentu sangat penting bagi suksesnya Pemilihan ini.

Kami berupaya seoptimal mungkin memanfaatkan waktu yang tersisa jelang hari H Pemilihan untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan maksimal, tentunya dengan bantuan seluruh pihak," kata I Dewa Raka Sandi dalam Forum Sosialisasi (Online) Kelompok Informasi Masyarakat pada Selasa (17/11).

Salah satu elemen penting dalam upaya menyukseskan Pemilihan Serentak 2020 adalah kehadiran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kelompok ini merupakan agen pemerintah yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam membantu KPU untuk memenuhi target partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Prof. Dr. Widodo Muktiyo di berbagai kesempatan menyampaikan bahwa KIM diharapkan sebagai motor penggerak yang mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan cerdas dalam Pemilihan Serentak 2020.

"KIM bertugas mengajak masyarakat agar tetap memperhatikan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan meskipun tengah dalam euphoria pemilihan kepala daerah. Prinsip dasar pemilihan selain memilih adalah pemilih tetap sehat,” ujar Widodo.

Salah satu contoh peran aktif KIM adalah dalam Pemilihan di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Kelompok ini sangat pro aktif dalam menginformasikan jalannya seluruh tahapan Pemilihan kepada masyarakat.

KPU Kota Mataram melibatkan KIM sebagai mitra dalam menyosialisasikan program maupun proses tahapan, termasuk visi misi calon wali kota dan wakil wali kota kepada masyarakat melalui media sosial khususnya di Facebook dan Instagram.
 
KIM di Kota Mataram ini sangat intens menginformasikan kepada masyarakat bahwa tahapan Pemilihan Serentak di sana berjalan aman dan lancar serta mengikuti protokol kesehatan.

KIM sangat intens menginformasikan kepada masyarakat bahwa tahapan Pemilihan Serentak berjalan aman dan lancar serta mengikuti protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News