Mengenal KIM, Mitra Kominfo dalam Menyosialisasikan Pilkada Serentak 2020

Mengenal KIM, Mitra Kominfo dalam Menyosialisasikan Pilkada Serentak 2020
Pemilihan Serentak 2020. Ilustrasi Foto: Kominfo

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah agenda politik nasional Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 adalah aspek sosialisasi untuk membuka cakrawala informasi bagi masyarakat.

Selama ini, pemerintah dituding kerap menggunakan buzzer atau akun media sosial bayaran untuk mengkampanyekan sesuatu.

Namun, tudingan itu kini tak berlaku lagi karena pemerintah memiliki agen resmi dalam ikhwal informasi dan komunikasi ke masyarakat yaitu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo Prof. Dr. Widodo Muktiyo mengatakan, terlepas dari kondisi Covid-19, masyarakat dituntut harus tetap cerdas memilih kepala daerah sembari tetap menjaga kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona baru.

Pemilihan Serentak tahun ini membutuhkan kesadaran dan pemahaman yang baik dari seluruh pihak di masyarakat, karena pada prinsipnya tidak sekadar memilih pemimpin semata, tetapi juga menjaga kesehatan pemilih.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berupaya agar pesan-pesan sosialisasi tentang bagaimana menjadi pemilih cerdas dan sehat dapat disampaikan, serta diterima dengan baik oleh masyarakat. Upaya itu salah satunya dilakukan dengan memaksimalkan peran KIM.

Menurut Prof. Dr. Widodo Muktiyo, KIM merupakan mitra strategis pemerintah sebagai motor penggerak yang mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan cerdas dalam Pilkada Serentak 2020.

“KIM bertugas mengajak masyarakat agar tetap memperhatikan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan meskipun tengah dalam euforia pemilihan kepala daerah. Prinsip dasar pemilihan selain memilih adalah pemilih tetap sehat,” ujar Widodo.

Pemerintah kini memiliki agen resmi dalam ikhwal penyampaian informasi dan komunikasi kepada masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News