KPU Berharap Gugatan 5 Parpol Tuntas di Bawaslu

KPU Berharap Gugatan 5 Parpol Tuntas di Bawaslu
KPU Berharap Gugatan 5 Parpol Tuntas di Bawaslu
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nantinya menerapkan mekanisme sengketa Pemilu saat memprosesgugatan lima partai politik yang dinyatakan tidak memiliki calon anggota legislatif (caleg) DPR RI di sejumlah daerah pemilihan.

Menurut Komisioner KPU, Ida Budhiati, harapan tersebut tercetus mengingat jika mekanisme ini yang ditempuh, maka keputusan Bawaslu nantinya akan bersifat final dan mengikat.

Artinya keputusan dapat dilaksanakan dan dihormati semua pihak, tanpa menunggu dan memerpanjang proses hingga tingkat banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) dan Mahkamah Agung (MA).

“Dalam Undang-Undang disebutkan jika Bawaslu menempuh mekanisme sengketa Pemilu, itu putusannya final dan mengikat. Tapi ada mekanisme lain, yaitu pelanggaran administrasi Pemilu. Bagi KPU tentu berharap mekanisme yang ditempuh itu sengketa Pemilu. Objeknya pemahaman tentang Peraturan KPU,” ujar Ida di Jakarta, Jumat (14/6).

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nantinya menerapkan mekanisme sengketa Pemilu saat memprosesgugatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News