KRI Banda Aceh-593 Dukung Peringatan Hari Pahlawan

KRI Banda Aceh-593 Dukung Peringatan Hari Pahlawan
KRI Banda Aceh. Foto: Dispen Kolinlamil

jpnn.com, SURABAYA - Kapal perang Kolinlamil KRI Banda Aceh-593 telah tiba di Surabaya dalam rangka mendukung kegiatan tabur bunga di perairan Surabaya pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 yang dilaksanakan di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim).

KRI Banda Aceh-593 Letkol Laut (P) Whisnu Kusardianto yang baru saja melaksanakan tugas operasi dukungan peresmian Pangkalan Angkatan Laut Mamuju (Lanal Mamuju) di Sulawesi Barat beberapa minggu yang lalu.

Menurut Kepala Dispen Kolinlamil, Letkol Laut (KH) Bazisokhi Gea, sebelum kembali ke pangkalan Kolinlamil di Jakarta, kapal ini mendapat perintah tugas baru untuk BKO ke Koarmatim.

Kapal ini berjenis Landing Platform Dock (LPD) diproyeksikan untuk mengangkut pergeseran personel/pasukan dan material tempur serta logistik lainnya ke daerah operasi sesuai perintah dari komando atas.

KRI BAC 593 memiliki spesifikasi ukuran panjang 125 meter dan lebar 22,004 meter. Berat kapal mencapai 7.286 ton dan memiliki kecepatan maksimum 15 knot dengan memiliki daya angkut sebanyak 344 personel.

Kapal ini juga memiliki geladak yang panjang hingga mampu menampung 5 unit helikopter jenis MI-2 atau Bell 412, 2 unit LCVP, mampu mengangkut 20 Tank, dan juga dilengkapi persenjataan meriam kaliber 20 mm dan 40 mili meter.

KRI Banda Aceh 593 adalah sebuah kapal perang baru di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di bawah pembinaan Satlinlamil Jakarta. Kapal produksi dalam nergeri/karya anak bangsa yang dibangun di galangan Kapal PT PAL Surabaya.(fri/jpnn)


Kapal perang Kolinlamil KRI Banda Aceh-593 telah tiba di Surabaya dalam rangka mendukung kegiatan tabur bunga di perairan Surabaya pada peringatan Hari Pahlawan


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News