Krisis Global, Proyek Konstruksi Turun

Krisis Global, Proyek Konstruksi Turun
Krisis Global, Proyek Konstruksi Turun
JAKARTA - Dampak krisis ekonomi global pada penurunan proyek-proyek konstruksi yang didanai swasta ternyata mencapai 50 persen. "Tahun 2009 biaya proyek konstruksi turun. Jelas ini akan membuat persaingan sektor konstruksi semakin ketat," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, di Jakarta, Kamis (12/3).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengurangi dampak krisis ini, pemerintah menaikkan alokasi anggaran infrastruktur tahun 2009 sebesar total 120 triliun. Anggaran sebesar Rp 120 triliun tersebut terdiri dari proyek pemerintah yang dibiayai oleh APBN sebesar Rp 61 triliun dan APBD sebesar Rp 59 triliun.

"Nilai ini merupakan 72 persen dari total nilai kapitalisasi konstruksi nasional tahun 2009 yang diperkirakan mencapai Rp 167 triliun," tambahnya.

Dengan adanya dana stimulus yang dikucurkan sebesar Rp 73 triliun untuk sektor infrastruktur, Departemen PU akan mendapat alokasi dana sebesar Rp 6,6 triliun dari jumlah tersebut.

JAKARTA - Dampak krisis ekonomi global pada penurunan proyek-proyek konstruksi yang didanai swasta ternyata mencapai 50 persen. "Tahun 2009

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News