JPNN.com

Kritik Kebijakan Ekonomi Kim Jong Un, 5 Pejabat Berakhir di Regu Tembak

Minggu, 13 September 2020 – 03:01 WIB
Kritik Kebijakan Ekonomi Kim Jong Un, 5 Pejabat Berakhir di Regu Tembak - JPNN.com
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un. Foto: Reuters/KCNA

jpnn.com - Kim Jong-Un disebutkan telah memerintahkan eksekusi mati terhadap lima orang pejabat di Kementerian Ekonomi yang diduga mengkritik pemerintah.

Mengutip Dailymail, para pejabat partai komunis itu diperkirakan dieksekusi oleh regu tembak pada 30 Juli lalu.

Kemarahan Kim Jong-Un tersebut dipicu kritik tentang kebijakan ekonomi Kim yang telah membuat negara itu menjadi salah satu negara termiskin di dunia.

Rincian percakapan mereka dikatakan telah dilaporkan kembali ke atasan mereka, sebelum mereka dipanggil ke sebuah pertemuan dan ditangkap oleh polisi rahasia.

Kelima pria tersebut, awalnya diundang ke sebuah acara jamuan lalu secara terbuka membahas stagnasi ekonomi negara yang termiliterisasi serta perlunya reformasi industri karena terus memproduksi sedikit barang konsumsi untuk warganya yang miskin.

Para pesakitan juga berbicara tentang perlunya Korea Utara mencari kerja sama asing untuk mengatasi sanksi perdagangan yang membayangi negaranya.

Disebutkan, kepala Kementerian Ekonomi serta Kim Jong-Un sendiri diberitahu tentang komentar tersebut sebelum pihak berwenang meluncurkan penyelidikan internal.

Dipercaya bahwa para pekerja yang tidak menaruh curiga saat dipanggil ke pertemuan tersebut, sebelum mereka ditangkap dan dipaksa untuk mengaku merusak rezim untuk kemudian dieksekusi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha