Kroasia Resmi Bergabung Uni Eropa

Kroasia Resmi Bergabung Uni Eropa
Kroasia Resmi Bergabung Uni Eropa
LONDON - Kroasia merayakan bergabungnya negara tersebut ke dalam Uni Eropa (UE) dengan perayaan di Ibukota Zagreb. Negeri ini secara resmi menjadi anggota ke-28 UE.

Kembang api menyala di langit malam menandai dimulainya keanggotaan negara itu pada tengah malam waktu setempat (22:00 GMT). Sementara Presiden Ivo Josipovic menggambarkan momen itu sebagai saat bersejarah.

Menurut BBC (1/7), peristiwa ini terjadi hampir dua dekade setelah kemerdekaan Kroasia yang ditandai dengan terjadinya perang brutal. Meski demikian, koresponden BBC menyatakan keceriaan ini dibayangi krisis zona EU dan masalah ekonomi di Kroasia sendiri. Beberapa negara di Uni Eropa seperti Perancis kini tengah mengalami resesi ekonomi.

Perayaan bertempat di pusat kota Zagreb dengan kembang api dan musik termasuk lagu Uni Eropa Ode to Joy karya Beethoven. "Selamat datang di Uni Eropa," ujar Presiden Uni Eropa, Jose Manuel Barroso kepada kerumunan massa.

LONDON - Kroasia merayakan bergabungnya negara tersebut ke dalam Uni Eropa (UE) dengan perayaan di Ibukota Zagreb. Negeri ini secara resmi menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News