Kronologi Pesawat Jatuh di Danau Sentani yang Tewaskan Pilot Asal Amerika Serikat

Kronologi Pesawat Jatuh di Danau Sentani yang Tewaskan Pilot Asal Amerika Serikat
Danau Sentani. Foto: KLHK

jpnn.com, JAYAPURA - Insiden pesawat jatuh terjadi di Danau Sentani, Kampung Yoboi, Kabupaten Jayapura, pada Selasa (12/5) pukul 06.29 WIT tadi.

Pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) jenis Cessna Nomor Register K100 Pk-Me itu jatuh saat melakukan penerbangan rute Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura - Distrik Mamit Kabupaten Tolikara.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, pesawat yang dipiloti Joice Lin itu take off dari Bandara Sentani tujuan Distrik Mamid Kabupaten Tolikara pada pukul 06.27 WIT.

"Lalu pada pukul 06.29 WIT, pilot memanggil tower 'mayday, mayday' dan meminta mendarat darurat atau RBT, selanjutnya petugas tower memanggil namun tidak ada jawaban dari pilot atau pesawat hilang kontak," kata Kamal dalam keterangannya, Selasa (12/5).

Diduga, pada waktu itu pesawat sudah terjatuh. Kamal menerangkan, Joice merupakan pilot perempuan asal Amerika Serikat, dia ditemukan meninggal dunia di dasar Danau Sentani.

“Jenazahnya sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura oleh Tim SAR gabungan. Badan pesawat juga sudah berhasil dievakuasi dari dasar danau,” sambung Kamal.

Perwira menengah ini menambahkan, pesawat tersebut disebut membawa bahan sembako dan tidak berpenumpang.

"Untuk penyebab jatuhnya pesawat masih dilakukan penyelidikan oleh tim gabungan," tambah Kamal.

Joice merupakan pilot perempuan asal Amerika Serikat, dia ditemukan meninggal dunia di dasar Danau Sentani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News