Kronologis Jatuhnya Pesawat di Cilacap, Braaak!

Kronologis Jatuhnya Pesawat di Cilacap, Braaak!
Pesawat latih Fly School Ganesha jatuh dan menabrak tujuh pesawat latih lainnya, Selasa (20/3). Foto: Nasrulloh/Radar Banyumas

jpnn.com, CILACAP - Pesawat latih jenis Decathlon milik Fly School Ganesha jatuh di area Bandara Tunggul Wulung, Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jateng, Selasa (20/3) sekitar pukul 15.10.

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut, yakni pilot pesawat M. J. Hanafie, S.M yang berpangkat Kolonel PNB/515514, dengan jabatan Paban 2 Sismet Ditdok Kodiklatau TNI AU. Dan satu seorang cleaning service mengalami luka-luka.

Akibat kecelakaan tersebut tujuh pesawat latih rusak berat dan hangar atau gudang milik Fly school Perkasa rusak.

Kejadian bermula pukul 14.02 WIB, tiga pesawat latih milik PK - RTZ Ganesa take off dari bandara Tunggul Wulung Cilacap dengan tujuan melaksanakan latihan akrobatik dalam rangka wisuda siswa penerbangan Ganesha yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (24/3).

Sekitar pukul 15.15 WIB, pada saat melaksanakan aerobatik, pesawat terbang terlalu rendah dan mengakibatkan pesawat tersebut kehilangan daya angkat sehingga hilang kendali dan menabrak pesawat yang sedang parkir di Apron dan hangar milik Fly school Perkasa.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) Kelas III Tunggul Wulung Cilacap, Denny Ariyanto membenarkan kejadian tersebut.

“Penyebab kecelakaan masih menunggu identifikasi dari KNKT (Komite Keselamatan Nasional Transportasi) pusat,” ujarnya.

Sementara Kordinator Pos Basarnas Cilacap, Mul Wahyono yang ikut mengevakuasi korban setelah kejadian mengaku pihaknya hanya bertugas sebatas evakuasi. "Hanya evakuasi, tidak lebih dari itu," singkatnya.

Pesawat latih jenis Decathlon jatuh di area Bandara Tunggul Wulung, Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Cilacap, Jateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News