Kronologis Ketegangan Berbau Pilpres di Arena Car Free Day

Kronologis Ketegangan Berbau Pilpres di Arena Car Free Day
Massa #2019 Ganti Presiden dan #DiaSibukKerja berpapasan dan ricuh di arena di Car Free Day, Minggu (29/4). FOTO: MUHAMAD ALI/JAWAPOS

jpnn.com, JAKARTA - Suasana car free day (CFD) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (29/4), diwarnai keributan yang melibatkan massa berkaus hitam bertuliskan #2019GANTIPRESIDEN dan kelomppok berkaus putih bertuliskan #DiaSibukKerja.

Pantuan di lokasi, massa berkaus hitam yang berjumlah ribuan terlebih dahulu ada di kawasan CFD. Mereka membawa spanduk yang berisi dukungan untuk mengganti presiden pada 2019 sambil berjalan berkeliling meneriakan untuk ganti presiden.

Ada pula orang yang berjualan kaus, pin, stiker, topi, dan marchandise lain di sepanjang area CFD. Meraka membaur dengan pedagang lainnya.

Sekitar pukul 08.30, tiba-tiba muncul ratusan massa berkaos putih yang berasal dari arah Sudirman menuju Thamrin melalui bundaran HI. Mereka tidak membawa atribut lain seperti spanduk. Saat berjalan, mereka pun berjalan biasa tanpa berteriak-teriak.

Insiden pun terjadi di sekitar pintu masuk depan Hotel Indonesia Kempinski saat dua massa tersebut bertemu. Massa berkaos hitam yang berjumlah lebih banyak berteriak-teriak dengan nada tinggi. ”Nasi bungkus nasi bungkus,” ujar salah seorang pengujung sambil mengibas-kibaskan uang.

Suasana pun jadi lebih ricuh lantaran ada yang meminta massa berkaus putih untuk melepaskan T-sirt yang memang untuk baju rangkap itu. Sediktinya lima orang yang akhirnya melepaskan kaus tersebut.

Insiden itu juga membuat seorang perempuan berbaju putih marah. Lantaran seorang anak lelaki yang bersama dia takut dan menangis. Polisi akhirnya datang dan memberikan barikade. Mereka mengawal massa berkaus putih ke arah Sarinah. Tapi, setelah itu masih ada sweeping terhadap pengunjung lain yang berkaos putih.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombespol Roma Hutajulu menerangkan, ada dua kelompok yang beraktivitas di Car Free Day (CFD), Bundaran Hotel Indonesia, kemarin. Ada yang menggunakan kaus #DiaSibukKerja dan #GantiPresiden2019.

Kericuhan dan ketegangan mewarnai suasana car free day (CDF) di kawasan Bundaran HI, Minggu (29/4), antara massa #2019GANTIPRESIDEN dan #DiaSibukKerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News