KRPL Bisa Atasi Kemiskinan dan Kerentanan Rawan Pangan

KRPL Bisa Atasi Kemiskinan dan Kerentanan Rawan Pangan
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi melakukan pemantauan harga pangan di pasar Tanjung Pandan, Bangka Belitung. Foto dok humas Kementan

jpnn.com, BELITUNG - Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi melakukan pemantauan harga pangan di pasar Tanjung Pandan.

Selain itu dia juga mengunjungi Kelompok KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) Bunga Mekar Desa Renggiang Kabupaten Belitung Timur.

Menurut Agung, Bangka Belitung mempunyai potensi besar mengembangkan produk hortikultura seperti sayur dan buah-buahan.

"Daerah ini harus mengembangkan sayuran dan buah-buahan karena potensinya cukup besar," ujar Agung, di hadapan anggota Kelompok Wanita Tani Bunga Mekar, desa Rengiang, Belitung, Sabtu (23/12).

Agung berpendapat, jika semua lahan pekarangan dioptimalkan pemanfaatannya, selain mampu mencukupi kebutuhan pangan keluarga, juga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

"Saya meminta agar KRPL di Belitung ini dikembangkan dalam satu kawasan desa, karena potensinya cukup besar. Hasilnya selain bisa dikonsumsi sendiri, juga dijual," tutur Agung.

"Kalau perlu lahan-lahan di pinggir jalan ditanami buah-buahan, hasilnya bisa dijual ke pasar, dan rumah makan bahkan ke hotel-hotel untuk memenuhi kebutuhan pangan para wisatawan," tambah Agung.

Menurut Agung, dengan mengembangkan KRPL, selain kecukupan pangan beragam bergizi seimbang dan aman bagi keluarga bisa terpenuhi dari pekarangan sendiri, juga bisa mengatasi kerentanan rawan pangan dan pengentasan kemiskinan.

Bangka Belitung mempunyai potensi besar mengembangkan produk hortikultura seperti sayur dan buah-buahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News