Dukung Pengamanan ALKI III

KSAL Laksamana Yudo Resmikan Dermaga Lanal Saumlaki

KSAL Laksamana Yudo Resmikan Dermaga Lanal Saumlaki
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut atau Lanal Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Kamis (17/6). Foto: Dispenal

jpnn.com, SAUMLAKI - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Dermaga Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Saumlaki di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Kamis (17/6).

Peresmian Lanal Saumlaki ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh KSAL.

Menurut KSAL, peresmian Lanal Saumlaki dalam rangka mendukung pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III.

Dia menjelasakan Lanal Saumlaki yang berbatasan dengan ALKI III memungkinkan terjadinya pelanggaran kedaulatan di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, menurut Yudo, diperlukan sarana pertahanan yang memadai dan didukung oleh industri pertahanan sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertahanan dan keamanan dalam negeri.

Pembangunan Dermaga dengan Panjang 141 meter ini merupakan Kerja sama antara TNI Angkatan Laut dengan PT Matra Naluri Muda dan PT Wahyu Agung yang dimulai sejak tanggal 17 Januari 2019 lalu.

Fasilitas ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas KRI, di antaranya fasilitas aliran listrik darat serta air tawar untuk mendukung endurance operasi dan mampu disandari KRI kelas frigate.

Usai peresmian Dermaga, KSAL beserta rombongan melaksanakan peninjauan ke KRI Madidihang-855 yang dioperasikan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XI Merauke.

KSAL Laksamana Yudo mengatakan peresmian Lanal Saumlaki dalam rangka mendukung pengamanan laut di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News