KSAL Tekankan Sinergi Antar-Angkatan Laut Negara Anggota ASEAN

KSAL Tekankan Sinergi Antar-Angkatan Laut Negara Anggota ASEAN
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin delegasi TNI AL pada forum Asean Navy Chief’s Meeting (ANCM) ke-17 Tahun 2023 di Filipina, Kamis (11/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, MANILA - Stabilitas dan perdamaian Kawasan Indo-Pasific khususnya Kawasan Asia Tenggara menjadi topik pembicaraan yang dibahas dalam forum Asean Navy Chief’s Meeting (ANCM) ke-17 Tahun 2023 di Filipina.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengikuti pertemuan tersebut pada Kamis (11/5).

Laksamana Muhammad Ali sebagai ketua delegasi TNI Angkatan Laut menyampaikan pandangan dan upaya yang dilakukan matra laut dalam memajukan kerja sama maritim ASEAN.

KSAL juga berbagi pengalaman dan inisiatif yang dapat memperkuat sinergi di antara negara-negara anggota ASEAN.

Tiga hal strategis yang disampaikan yaitu mempromosikan kerja sama antara personel di bidang pelatihan, pendidikan, workshop, seminar dan dialog strategis.

Hal kedua adalah kerja sama maritim dalam rangka peningkatan pemahaman bersama dan mengedepankan solusi damai guna menghadapi tantangan dan ancaman di kawasan.Terakhir adalah menjamin keberlangsungan lingkungan maritim untuk menjaga sumber daya kelautan dan menjaga biodiversity laut.

KSAL menjelaskan telah melaksanakan pertemuan-pertemuan secara intens agar lebih mudah dalam berkoordinasi melalui pelaksanaan latihan-latihan maupun patroli secara terkoordinasi khususnya di perbatasan-perbatasan antara Indonesia dengan negara ASEAN. Dengan demikian semuanya bersepakat untuk menjaga stabilitas kawasan di laut khususnya negara ASEAN.

ANCM merupakan ajang tahunan yang memberikan kesempatan kepada Kepala Staf Angkatan Laut ASEAN untuk berdiskusi, bertukar pendapat, dan merumuskan langkah-langkah yang efektif dalam menjawab tantangan keamanan maritim regional.

KSAL sebagai ketua delegasi TNI Angkatan Laut menyampaikan pandangan dan upaya yang dilakukan matra laut dalam memajukan kerja sama maritim ASEAN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News