KSPI: Pemerintah Gagal Sediakan Lapangan Kerja

KSPI: Pemerintah Gagal Sediakan Lapangan Kerja
Said Iqbal (tengah). Foto: dok.Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Klaim pemerintah soal penyerapan tenaga kerja dibantah Presiden KSPI Said Iqbal. Menurut pendukung Prabowo - Sandiaga Uno itu, pemerintah gagal menyediakan lapangan pekerjaan.

"Kalaulah klaim pemerintah yang menyatakan bahwa penyerapan tenaga kerja telah mencapai 2 juta per tahun, atau 10 juta lebih dalam lima tahun, kami mempertanyakan tentang definisinya," katanya dalam konferensi pers di Hotel Mega Proklamasi, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (26/12).

Iqbal mengatakan, definisi pekerja versi BPS adalah orang yang bekerja minimal 1 jam dalam seminggu. Ini artinya, pekerja sektor informal seperti pengemudi ojek dan pekerja bangunan juga termasuk.

Menurut dia, jika definisi tersebut yang dipakai, maka jelas pemerintah sudah gagal. Pasalnya, kontribusi pemerintah dalam tumbuhnya sektor informal sangat kecil.

"Bagi serikat buruh, bukan itu. Yang kami butuhkan adalah di sektor formal. Kami berpendapat pemerintah telah gagal menyediakan lapangan pekerjaan sesuai dengan perintah konstitusi," pungkas Said Iqbal. (rus/rmol)


Klaim pemerintah soal penyerapan tenaga kerja dibantah Presiden KSPI Said Iqbal. Menurut dia, pemerintah gagal menyediakan lapangan pekerjaan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News