KTT ASEAN Hasilkan 2 Dokumen Penting Ketenagakerjaan, Menaker Ida Sampaikan Apresiasi

KTT ASEAN Hasilkan 2 Dokumen Penting Ketenagakerjaan, Menaker Ida Sampaikan Apresiasi
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kanan) turut hadir dalam KTT ke-43 ASEAN yang berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023. Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang telah menghasilkan 2 dokumen penting di bidang ketenagakerjaan yang merupakan inisiasi Indonesia.

Kedua dokumen tersebut merupakan bagian dari 90 outcome dokumen yang dihasilkan selama pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

“Kedua pedoman (guidelines) ini adalah bukti konkret bahwa ASEAN memiliki pandangan yang sama untuk memajukan kawasan dan menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth,” kata Menaker Ida Fauziyah melalui siaran pers Biro Humas Kemnaker, Sabtu (9/9).

Menaker Ida Fauziyah mengatakan kedua dokumen tersebut adalah pedoman tentang pelindungan pekerja migran dan keluarganya pada situasi krisis (ASEAN Guideline on Protection of Migrant Workers and Family Members in Crisis Situations).

Kemudian Dokumen Panduan Deklarasi ASEAN tentang peningkatan daya saing, ketahanan, dan ketangkasan pekerja untuk masa depan pekerjaan (Guidance Document of the ASEAN Declaration on Promoting Competitiveness, Resilience, and Agility of Workers for Future of Work).

Menurut Menaker Ida, pedoman perlindungan pekerja migran dan keluarganya sangat diperlukan mengingat besarnya jumlah pekerja migran di Kawasan ASEAN yang mencapai 7 juta pekerja migran.

Jumlah tersebut tentunya memberikan dampak besar bagi perekonomian dan kemajuan di kawasan ASEAN.

Begitu pentingnya keberadaan para pekerja migran bagi kawasan, maka ASEAN memandang perlu ada perhatian dalam upaya melindungi mereka dari situasi krisis dan dampaknya terhadap mereka dan keluarganya.

Menaker Ida sampaikan apresiasi KTT ASEAN menghasilkan 2 dokumen penting bidang ketenagakerjaan yang merupakan inisiasi Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News