KTT G20 Bawa Kabar Baik dan Buruk Bagi Perekonomian Dunia

KTT G20 Bawa Kabar Baik dan Buruk Bagi Perekonomian Dunia
KTT G20 Bawa Kabar Baik dan Buruk Bagi Perekonomian Dunia

SAINT PETERSEBURG - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menghasilkan sejumlah kesepakatan. Menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ada kabar baik dan buruk dari KTT G20 yang berlangsung di Saint Petersburg, Rusia tersebut. Kabar baiknya, meski proses perbaikan kondisi ekonomi dunia belum juga tuntas dan masih berlangsung, namun ekonomi di beberapa negara maju mulai bangkit. 

"Ekonomi Amerika dan Jepang dan sejumlah negara maju lainnya sudah mulai menggeliat. Ini bagus, karena mereka menguasai sebagian terbesar dari perekonomian global. Kalau ekonominya kuat, kokoh dan terus tumbuh, dampaknya tentunya akan dinikmati oleh seluruh negara di dunia, termasuk emerging market," jelas SBY dalam konferensi pers di Hotel Grand Emerald, St. Petersburg, Rusia, kemarin (7/9) waktu setempat.

   

Sementara kabar buruknya, lanjut SBY, di balik melesatnya mulai menggeliatnya ekonomi di negara-negara maju, ekonomi negara-negara emerging market termasuk Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan (BRICS) justru mendapat tekanan baru. Tidak terkecuali Indonesia. "Kalau ini tidak diatasi baik oleh negara-negara emerging market itu sendiri maupun kerjasama global, tentu tidak membawa kebaikan pada upaya kita membuat ekonomi dunia tumbuh kuat, berimbang dan berkelanjutan," lanjutnya.

    

Presiden RI keenam itu mengungkapkan, pandangannya tersebut terlah disampaikan dalam sebuah sesi di KTT G20. Dalam kesempatan tersebut, SBY juga mendengarkan pandangan dari pimpinan negara BRICS dan emerging market lainnya. "Saya juga senang mendengar pandangan pimpinan negara BRICS dan emerging market, misalnya PM India, Presiden Afrika Selatan, Presiden Brazil, Presiden Tiongkok, dan Presiden Putin sendiri, yang kelimanya menjadi anggota BRICS, dan juga pandangan negara yang ekonominya juga ikut tertekan, seperti Turki yang memiliki pandangan yang nyata dan kongkrit pada forum G20 kali ini," ungkapnya.

 

SAINT PETERSEBURG - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 menghasilkan sejumlah kesepakatan. Menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ada kabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News