Kualitas Garam Legundi Lampung, LPSPL Serang Bantu Produksi dengan Bangun Rumah Prisma

Kualitas Garam Legundi Lampung, LPSPL Serang Bantu Produksi dengan Bangun Rumah Prisma
Kualitas garam Legundi Lampung premium, LPSPL Serang bantu produksi dengan bangun rumah prisma. Foto: Dok. KKP

jpnn.com, LAMPUNG - Selain menyimpan petensi wisata yang indah, Provinsi Lampung ternyata juga memiliki produksi garam yang sangat baik, yakni Garam Legundi.

Kualitas garam dari Pulau Legundi ini tergolong sebagai garam premium.

Berdasarkan hasil laboratorium, kandungan NaCL garam di atas 99,61 persen. Penampakan Garam Legundi pun putih dan cukup baik.

Kepala Loka Pemanfaatan Sumber Daya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang Iwan Taruna Alkadrie mengatakan untuk meningkatkan produksi dan kualitas Garam Legundi, pihaknya melakukan pendampingan kepada petani garam di Pulau Legundi.

LPSLP Serang ialah unit pelaksana teknis di bawah Direktorat Jendral Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang salah satunya mengelola izin pemanfaatan ruang laut.

"Dengan potensi garam Legundi yang masuk garam premium, kami mencoba membantu mengembangkan dari sisi kualitas dan kuantitas dengan memberikan bantuan berupa Pembangunan Rumah Prisma Garam, jalan produksi dan rumah niaga garam," kata Iwan dalam keterangannya.

Rumah Pisma tersebut berada di Desa Pulau Legundi, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Pekerjaan Pembangunan Rumah Prisma Garam dikelola secara swakelola oleh Koperasi bersama masyarakat Desa Pulau Legundi.

Potensi garam di Lampung cukup menjanjikan karena memiliki garis pantai yang cukup panjang kurang lebih 1663.000 km2 dan mencakup tujuh kabupaten/kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News