JPNN.com

Kuasai Delapan Daerah, Paslon Duo RM Unggul Sementara

Sabtu, 12 Desember 2015 – 08:45 WIB Kuasai Delapan Daerah, Paslon Duo RM Unggul Sementara - JPNN.com

BENGKULU - Keunggulan pasangan calon Gubernur Bengkulu nomor urut 1, Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah kian jauh meninggalkan rivalnya Sultan-Mujiono. 

Secara keseluruhan, pasangan Ridwan Mukti-Rohidin memperoleh 516.654 suara atau 57,4 persen, sedangkan pasangan Sultan-Mujiono hanya 383.654 atau 42,6 persen. 

Keunggulan duo RM tidak hanya telah di Kota Bengkulu, namun juga di 7 kabupaten lainnya, seperti Bengkulu Tengah, Kepahiang, Lebong, Rejang Lebong, Bengkulu Selatan dan Kaur. 

Sementara pasangan Sultan-Mujiono hanya mendulang kemenangan di dua kabupaten, yakni di Mukomuko sebesar 50,9 persen dan Seluma 57,7 persen. Selain dua kabupaten itu pasangan ini kalah besar, bahkan di Kabupaten Rejang hanya mampu meraup suara sebanyak 25,0 persen (lengkap lihat grafis). 

Anggota KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto SP MSi juga mengakui keunggulan pasangan Cagub nomor urut 1 tersebut. Hanya saja ia mengaku belum final, karena data final merupakan hasil rapat pleno yang akan digelar oleh KPU kabupaten/kota pada 17-18 Desember besok dan dilanjutkan dengan rapat pleno rekapitulasi oleh KPU Provinsi Bengkulu pada 18-19 Desember mendatang. 

"Data itu belum final, namun dapat dijadikan gambaran perolehan suara pemilihan gubernur Bengkulu tahun ini," kata Eko kepada Bengkulu Ekspres (Group JPNN.com), Jumat (11/12). 

Mantan Ketua KPU Bengkulu Utara itu menyebutkan, data rekapitulasi dari KKPS itu juga akan dijadikan acuan untuk rapat pleno KPU kabupaten/kota, namun bila ada kesalahan akan dikoreksi oleh penyelenggara Pilkada setingkat diatasnya. Selanjutnya KPU Provinsi Bengkulu akan menetapkan pemenangnya melalui rapat pleno pada 22 Desember mendatang.

"Pleno tingkat kecamatan sendiri belum tuntas. Nanti data yang kita gunakan sepenuhnya adalah hasil rapat pleno yang dilakukan penyelenggara Pilkada secara berjenjang tersebut," terangnya.(400/ray/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...