Kubah Hilang, Digantikan Kawah

Kubah Hilang, Digantikan Kawah
Kubah Hilang, Digantikan Kawah

jpnn.com - KEDIRI - Daya tarik Gunung Kelud memang luar biasa. Banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke sana. Itulah kenapa Pemkab Kediri berencana membuka lagi kawasan wisata itu setelah status gunung api tersebut ditetapkan waspada oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Jumat (28/2).

Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri Zaenal Arifin mengungkapkan, pihaknya telah mempersiapkan kawasan wisata Kelud pada Sabtu (1/3) agar bisa dibuka untuk umum. Rencananya, loket dibuka dengan membayar retribusi.

Sebelumnya, Bupati Kediri Haryanti Sutrisno menyatakan, Kelud memang menjadi salah satu ikon Kabupaten Kediri. Karena itu, sangat disayangkan jika gunung yang berdiri di antara tiga kabupaten tersebut sengaja dibiarkan. “Segera kami buka setelah statusnya menjadi waspada,” ujar Haryanti.

Setelah erupsi pada Kamis malam (13/2), kubah lava yang terbentuk pada 2007 hancur. Akibatnya, Gunung Kelud mempunyai danau kawah seperti 1990.

Dari pengamatan PVMBG, kawah tersebut berbentuk bulat. Kedalamannya mencapai sekitar 400 meter. Namun, sejauh ini kawah itu belum terisi air karena menunggu mata air yang keluar serta air hujan di sekitar puncak Kelud. (baz/JPNN)


KEDIRI - Daya tarik Gunung Kelud memang luar biasa. Banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke sana. Itulah kenapa Pemkab Kediri berencana membuka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News