Kubu Amien Rais Gulirkan Pembentukan PAN Reformasi

Kubu Amien Rais Gulirkan Pembentukan PAN Reformasi
Amien Rais. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Konflik di internal di Partai Amanat Nasional (PAN) makin meruncing. Saat ini kubu yang berseberangan dengan Zulkifli Hasan pascakongres V Kendari, menggulirkan dibentuknya PAN Reformasi.

Ide digulirkan oleh 158 DPD dan DPW PAN yang kecewa dengan proses Kongres V PAN yang kembali dimenangkan Zulkifli Hasan.

Bahkan, usulan ini telah disampaikan langsung kepada Amien Rais dalam pertemuan pada Selasa malam (10/3).

Informasi ini diungkap Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Muhammad Asri Anas pada Rabu (11/3), yang ikut dalam pertemuan dengan Amien. Forum itu dihadiri salah satu pendiri PAN Putra Jaya, dan sekitar 20 ketua DPW dan DPD partainya.

"Mereka ini mendesak Pak Amien, daripada diperlakukan tidak benar oleh Zulkifli Hasan dan kawan-kawan sebagai petinggi, tidak dihormati, tidak diajak bicara sama sekali. Nah teman-teman mendorong agar dibentuk partai PAN Reformasi," kata Asri.

Menurut Anggota DPD RI periode 2014-2019 ini, Amien tidak diajak bicara oleh Zulkifli Hasan dalam segala hal.

Tidak hanya masalah kepengurusan PAN pascakongres. Bahkan, posisi Amien sebagai ketua Dewan Kehormatan Partai diserahkan ke Soetrisno Bachir.

"Karena Zulkifli Hasan menganggap Pak Amien Rais sebagai penghalang. Dan tentu itu sangat tidak etis. Pak Zul ini sudah banyak yang dinikmati dari partai ini. Pak Amien berdarah-darah membangun partai ini," ujar Asri.

Konflik internal PAN makin memanas, antara kubu Zulkifli Hasan vs Amien Rais, muncul gagasan pembentukan PAN Reformasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News