Kukis Karakter untuk Momen Spesial

Kukis Karakter untuk Momen Spesial
FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Tema-tema ulang tahun, baby shower, hingga pernikahan bisa semakin semarak dengan kehadiran kukis beragam bentuk. ''Mau benda, tokoh kartun, sampai logo, semua sekarang bisa,'' jelas Vivi Sunaryo, pembuat kukis.

Vivi mengatakan, saking beragamnya permintaan, dirinya sudah mengoleksi ratusan bentuk cetakan. Meski begitu, Vivi sering kali diminta membuat bentuk yang baru lagi. ''Kalau belum punya cetakannya, memang harus jauh-jauh hari pesan cetakan dulu,'' imbuh perempuan 36 tahun itu. 

Seluruh pembuatan membutuhkan waktu dua hari. Vivi biasanya membuat adonan kukis dasar dari bahan butter, gula, tepung, dan telur. Dua hari sebelum pesanan diambil, pembuatan adonan harus selesai. Keesokannya baru pemanggangan dan hiasan dimulai.

Setelah kukis dasar dipanggang, pendinginan dilakukan selama dua jam. Vivi mengaplikasikan icing fondan sebagai dasar. ''Karena bloknya jadi lebih rapi dibanding pakai glasur,'' ucapnya. Pengeringan di dalam ruangan membutuhkan waktu 1-2 jam. ''Kalau di ruangan AC lebih cepat, dan yang buat juga nggak kesumukan,'' jelasnya, kemudian tertawa.

Jika fondan sudah mengeras, glasur beragam warna bisa diaplikasikan. Pada tahap itu, bentuk karakter atau benda yang diinginkan sudah terlihat jelas. Namun, belum terlalu detail. Pengeringan membutuhkan waktu yang kurang lebih sama.

Glasur kembali ditorehkan untuk memberikan detail guratan pada kukis. Pemilik Vivi Kawaii Cookies itu mengatakan, bentuk wajah orang maupun karakter menjadi tantangan tersulit. Vivi mengambil contoh kukis bergambar karakter putri kerajaan. Setelah membuat rambut putri, Vivi harus memberi garis-garis dengan glasur warna yang sama untuk menampakkan detail guratan rambut. 

Tak hanya di situ, Vivi harus memberikan riasan pada wajah putri setelah semuanya mengering sempurna. ''Ya seperti make-up wajah orang gitu,'' ungkapnya, kemudian tertawa. Dia harus mengaplikasikan bubuk khusus dengan kuas kecil. ''Ya eyeshadow, blush on,'' ucapnya. Vivi juga menggunakan sugar sanding, gula pasir yang teksturnya sangat halus. ''Dibubukkan aja untuk mempercantik beberapa jenis kukis,'' jelasnya.

Setelah hiasan kukis diselesaikan, tahap pembuatan ditutup dengan pemanggangan. Hal itu membuat glasur mengering sempurna dan melekat satu sama lain. Keseluruhan proses hiasan bisa menghabiskan minimal enam jam. ''Kalau yang butuh detail wajah itu harus teliti sekali, ya bisa selesai 12 jam,'' ujar ibu dua anak itu. 

Keseluruhan proses hiasan bisa menghabiskan waktu minimal enam jam, hingga 12 jam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News