Kulit Juga Bisa Stres, Ini 5 Tandanya

Kulit Juga Bisa Stres, Ini 5 Tandanya
Ilustrasi kulit sensitif. Foto: klikdokter

jpnn.com - Kulit merupakan organ tubuh terbesar manusia. Masalah-masalah eksternal tubuh - misalnya stres bisa memengaruhi bagaimana kulit Anda bekerja. Peningkatan hormon stres yang bernama kortisol di dalam tubuh, dapat mengacaukan pesan-pesan yang akan dikirim saraf. Akibatnya, kulit akan mengalami gangguan mulai dari gatal hingga munculnya garis-garis halus.

Selain itu, stres memacu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kortisol dan hormon lainnya. Hormon-hormon tersebut akan memerintahkan kelenjar sebum untuk memproduksi lebih banyak minyak. Hal tersebut pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai masalah kulit.

Dilansir Healthline dan sumber lainnya, berikut ini adalah tanda-tanda kulit Anda mengalami stres:

1. Peradangan dan iritasi

Gatal-gatal, psoriasis, eksem, dermatitis, hingga rosacea adalah akibat dari kulit yang meradang dan iritasi. Kondisi otak yang sedang stres, bisa menghilangkan kemampuan kulit untuk melembapkan dirinya. Alhasil, timbullah peradangan dan iritasi.

Anda dapat mengurangi peradangan dan iritasi yang dipicu stres dengan memberantas penyebabnya. Ketahui penyebab stres Anda dan lakukan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan, berolahraga, dan terapi.  

2. Jerawat akibat meningkatnya produksi minyak

Sudah banyak penelitian yang membeberkan bahwa stres sangat terkait dengan jerawat. Saat stres melanda, hormon pada tubuh jadi tidak stabil dan mampu meningkatkan produksi minyak.

Jangan hanya menggunakan obat, namun cari tahu penyebab stres Anda agar kondisi ini dapat teratasi hingga ke akarnya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News