Kunci Jawaban UN SMP Beredar di NTB

Kunci Jawaban UN SMP Beredar di NTB
Kunci Jawaban UN SMP Beredar di NTB

jpnn.com - MATARAM - Isu adanya kunci jawaban yang beredar saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/Sederajat bukan isapan jempol.

Kemarin, Ombudsman Perwakilan NTB menemukan kunci jawaban yang dipegang salah seorang siswa saat mengerjakan soal ujian.

"Kami mengambil langsung kunci jawaban dari tangan siswa saat melaksanakan ujian," kata Kepala Ombudsman Perwakilan NTB Adhar Hakim saat jumpa pers di kantornya, kemarin.

Kunci jawaban tersebut diambil dari tangan salah seorang siswa. Saat itu tim Ombudsman memang sedang melakukan pemantauan pelaksanaan UN di Kota Mataram.

Dikatakan, pada lembaran kertas yang disita, terdapat tulisan berupa kunci jawaban. Ada yang berupa tulisan tangan dan ada yang sudah diketik rapi.

Adhar menceritakan, Ombudsman mendengar ada bisikan dilakukan para pengawas lantaran pihaknya datang. Setelah melihat beberapa ruang ujian, pihaknya menangkap siswa menggunakan kunci jawaban mata pelajaran matematika dalam menjawab soal ujian.

"Ini kami tangkap saat siswa nyontek," kata Adhar sambil menunjukkan bukti kunci jawaban.

Adhar menilai, pengawas ruangan di sekolah sengaja membiarkan siswa menggunakan kunci jawaban saat menjawab soal. Budaya mencotek ini upaya pembiaran dilakukan daerah untuk meraih prestise secara politik. "Dimana letak ujian jujur kalau seperti ini," kata Adhar. (jay/kus)


MATARAM - Isu adanya kunci jawaban yang beredar saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/Sederajat bukan isapan jempol. Kemarin, Ombudsman


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News