Kunjungan ke Bangkok, LaNyalla Dapat Rahasia Kemajuan Pertanian Thailand

Kunjungan ke Bangkok, LaNyalla Dapat Rahasia Kemajuan Pertanian Thailand
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Tim DPD

jpnn.com - BANGKOK- Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti mengadakan pertemuan dengan Ketua Senat Kerajaan Thailand Pornpetch Wichitcholchai di Bangkok, Senin (28/11).

Dalam pertemuan itu, LaNyalla yang didampingi Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman, dan sejumlah anggota DPD RI menanyakan langsung kebijakan apa saja yang diambil Negeri Gajah Putih untuk percepatan kemajuan pertanian dan perkebunan mereka, sehingga Thailand mendapat julukan Dapur Dunia.

“Terutama bagaimana Thailand menjaga lahan pertanian agar tidak mengalami alih fungsi lahan untuk kebutuhan perumahan atau kawasan industri?” kata LaNyalla yang diterima di ruang pertemuan Gedung Senat Kerajaan Thailand, di kawasan Dusit, Bangkok.

Ketua Senat Thailand mengungkapkan, sektor pertanian adalah prioritas yang langsung ditetapkan oleh Raja Thailand Maha Vajiralongkorn. Sehingga pemerintah dan semua aparatur negara bekerja serius untuk sektor ini.

“Raja sudah memutuskan agar sektor pertanian harus menjadi unggulan, sekaligus kehidupan petani Thailand harus makmur. Sehingga menjadi sufficiency ekonomi. Karena isu food security di dunia ini menjadi perhatian kami,” ujar Pornpetch.

Juru Bicara Komite Luar Negeri Pikulkeaw Krairiksh menambahkan, karena menjadi prioritas raja, maka sektor ini menjadi unggulan yang didukung semua pihak.

Sehingga persoalan alih fungsi lahan sangat hati-hati dilakukan. Terutama terhadap lahan produktif dan berpotensi untuk subur.

“Kami juga terus mengembangkan pertanian organik dan terobosan untuk menciptakan bibit-bibit yang tahan iklim. Menurut saya Indonesia juga sangat hebat dalam pertanian, karena banyak juga menciptakan terobosan penemuan bibit (benih) baru yang tahan iklim,” kata Krairiksh.

LaNyalla menitip pesan kepada Ketua Senat Thailand agar mempromosikan Candi Borobudur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News