Kunjungan Wisata Ditutup, Rabu Dibuka Lagi

Kunjungan Wisata Ditutup, Rabu Dibuka Lagi
Kunjungan Wisata Ditutup, Rabu Dibuka Lagi

jpnn.com - TAMANSARI - Jelang hari raya Nyepi Tahun Isaka 1936 yang jatuh pada Senin (31/3), Pure Parahyangan Agung Jagatkarta mulai dipadati umat Hindu, kemarin.

Tak hanya warga Bogor yang datang, melainkan warga dari Jabodetabek. Rangkaian acara pertama dilakukan sekitar pukul 11:00 yakni ritual Mecaru atau ruatan bumi atau sedekah bumi bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan alam, lalu dilanjutkan sembahyang tilem.
    
Sementara itu, untuk kunjungan wisata ke pure Parahyangan Agung Jagatkarta sementara ditutup, dibuka lagi Rabu (2/4).

Jero Mangku Gede Darsa menegaskan, Nyepi dimulai Minggu (30/3) pukul 18:00 sampai dengan Selasa (1/4) pukul 18:00 dengan tidak melakukan aktivitas dalam bentuk duniawi seperti tidak bekerja, makan tidak berlebihan.
    
Menurut dia, nyepi yakni membersihkan diri seperti tak makan daging maupun makanan berlemak lain. Hal itu dilakukan untuk mengurangi zat racun yang masuk ke dalam tubuh.
    
“Seperti yang memiliki penyakit apapun, itu jangan menyakiti dirinya sendiri lagi,” ujar Mangku di sela-sela memimpin sembahyang kepada Radar Bogor (Grup JPNN), kemarin.
    
Kemarin dilakukan pemberian upah atau bayar upeti kepada semesta yakni laut dan gunung. Laut, kata dia, melambangkan ibu, sedangkan gunung bapak.
    
Mangku Made Lamat menambahkan, bagi anak muda seperti mahasiswa lebih banyak melakukan nyepi di pure karena lebih khusuk dibandingkan di kamar kos.
    
Tiwi (24) umat Hindu dari Jakarta mengaku, sengaja datang bersama temannya untuk melakukan sembahyang.

“Datang pukul 12:00 dan langsung melakukan ritual tapi sempat berfoto juga, saya baru pertama kali ke pure ini dan ternyata sangat megah tidak kalah dengan yang di Bali,” ujarnya sambil sambil berjalan menuruni tangga. (cr28)


TAMANSARI - Jelang hari raya Nyepi Tahun Isaka 1936 yang jatuh pada Senin (31/3), Pure Parahyangan Agung Jagatkarta mulai dipadati umat Hindu, kemarin.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News